Posted by: kaliwinongo | October 26, 2009

Kali Winongo

Kali Winongo adalah salah satu sungai penting di kota Yogyakarta dalam kaitan dengan dwi-tunggal Code-Winongo yang mengapit kota ciptaan Pangeran Mangkubumi itu. Kali Winongo dikenal oleh masyarakat sebagai “kali lanang” (sungai laki-laki), maka merupakan bagian dari simbolisme kota Yogyakarta masa lalu. Sampai sekitar tahun 1960-an orang masih mengenal “lampor” yaitu barisan prajurit gaib dari Laut Selatan (Kraton Laut Kidul) sesekali melewati Kali Winongo karena akan menuju ke Kraton Merapi.

Kini keberadaan Kali Winongo mengundang keprihatinan karena semakin lama semakin mengalami degradasi kualitas. Jika tahun 1970-an orang masih gemar berenang dan mandi di Kali Winongo yang airnya jernih penuh dengan ikan dan udang, maka sekarang airnya sudah keruh dan berbau.  Dulu setiap kali gunung Merapi mengeluarkan lahar dingin, Kali Winongo dan Code mendapat berkah air jernih yang mengandung belerang dan bermanfaat untuk menyembuhkan borok-borok kulit kita.

Apakah degradasi kali Winongo akan dibiarkan ? Bagaimana mengatasi permasalahan kehidupan di Kali Winongo yang semakin padat penduduk di sekitarnya ? Bagaimana caranya agar Kali Winongo juga menjadi berkah bagi anak-cucu kita ?

Nah pada titik inilah Kali Winongo patut mendapat perhatian banyak pihak, sebab mengelolanya dalam sistem kehidupan yang lebih luas memerlukan kecermatan dan kesungguhan hati.

Salam,

Djarot Purbadi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: